Sabtu, 12 Maret 2011

Pengertian Hama

Berhubungan dengan Lab. DPT (Dasar Perlindungan Tanaman) yang dijalani di USU, maka sesuai dengan yang didapat dari pembelajaran di laboratorium tersebut saya ingin berbagi sedikit mengenai ilmu yang saya dapat mengenai hama. Walaupun masih hanya pengertian,semoga saja ini cukup membantu sedikit untuk memperdalam ilmu bagi anda sekalian . .

1.
Menurut Nas (1978) bahwa serangga dikatakan hama apabila serangga tersebut mengurangi kualitas dan kuantitas bahan makanan, pakan ternak, tanaman serat, hasil pertanian atau panen, pengolahan dan dalam penggunaannya serta dapat bertindak sebagai vektor penyakit pada tanaman, binatang dan manusia, dapat merusak tanaman hias , bunga serta merusak bahan bangunan dan milik pribadi lainnya.

2. Dalam Pengendalian Hama Terpadu bahwa hama bukan hanya pada serangga tetapi bisa pada vertebrata, tungau, virus, bateri, gulma an organisme pengganggu tanaman lainnya.

3. Menurut Smith (1983) hama adalah semua organisme atau agens biotik yang merusak tanaman dengan cara yang bertentangan dengan kepentingan manusia.

4. Dalam arti yang luas bahwa hama adalah makhluk hidup yang mengurangi kualitas dan kuantitas beberapa sumber daya manusia yang berupa tanaman atau binatang yang dipelihara yang hasil dan seratnya dapat diambil untuk kepentingan manusia.

0 komentar:

Poskan Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Enterprise Project Management