Rabu, 13 April 2011

Herbisida

Herbisida (dari bahasa Inggris herbicide) adalah senyawa atau material yang disebarkan pada lahan pertanian untuk menekan atau memberantas tumbuhan yang menyebabkan penurunan hasil (gulma). Lahan pertanian biasanya ditanami sejenis atau dua jenis tanaman pertanian. Namun demikian tumbuhan lain juga dapat tumbuh di lahan tersebut. Karena kompetisi dalam mendapatkan hara di tanah, perolehan cahaya matahari, dan atau keluarnya substansi alelopatik, tumbuhan lain ini tidak diinginkan keberadaannya.

Dua tipe herbisida menurut aplikasinya

Terdapat dua tipe herbisida menurut aplikasinya: herbisida pratumbuh (preemergence herbicide) dan herbisida pascatumbuh (postemergence herbicide). Yang pertama disebarkan pada lahan setelah diolah namun sebelum benih ditebar (atau segera setelah benih ditebar). Biasanya herbisida jenis ini bersifat nonselektif, yang berarti membunuh semua tumbuhan yang ada. Yang kedua diberikan setelah benih memunculkan daun pertamanya. Herbisida jenis ini harus selektif, dalam arti tidak mengganggu tumbuhan pokoknya.

Herbisida bukanlah hanya suatu bahan kimia biasa. Tentunya dibalik itu semua ada efeknya masing-masing, yang dapat dibedakan berdasarkan keuntungan dan kerugian dari masing-masing tipe herbisida tersebut. Berikut ini kelebihan dan kekurangan daripada herbisida.

Kelebihan

· Relatif aman untuk tanaman-tanaman utama dalam situasi dimana kontak dengan solusi penyemprotan sangat sulit dihindari.

· Basta dapat mengontrol tanaman liar yang sulit dikontrol, apalagi apabila masalah tanaman liar ini terjadi karena penggunaan herbisida jenis onr secara terus menerus.

· Cocok untuk dipergunakan di lingkungan pertanian, karena aman bagi lingkungan.

· Cocok untuk persiapan pengaturan didaerah yang rawan erosi.

· Dapat secara mudah diaplikasikan menggunakan peralatan aplikasi yang sangat sedikit.

Kekurangan

· Terjadinya suksesi gulma

· Terjadi dominansi gulma yang resisten


0 komentar:

Poskan Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Enterprise Project Management