Kamis, 23 Juni 2011

Efek Minuman Bersoda

Minuman bersoda yang banyak oleh dinikmati kalangan baik muda maupun tua, pria atau wanita merupakan minuman favorit. Harga yang terjangkau dan rasa yang nikmat serta variasi yang banyak yang dihasilkan oleh tiap produsen. Minuman bersoda sudah dapat ditemukan dimana-mana, mulai dari pinggir jalan sampai ke restaurant besar dan penyedia fastfood.

Minuman bersoda tidak hanya member rasa yang nikmat tapi juga member efek yang negative bagi tubuh kita. Memang efeknya tidak akan muncul dalam satu hari tetapi efek ini akan menjadi suatu efek janka panjang. Berikut ini beberapa efek yang ditimbulkan oleh minuman bersoda :

1. Anda akan lebih gemuk
Menurut penelitian di Nurse Health Study yang memantau kesehatan 90 ribu perempuan selama delapan tahun menyebutkan minum soda tunggal setiap hari dalam seminggu ditambah menambah berat 4,5 kg dalam empat tahun.

2. Risiko diabetes meningkat
Dalam studi Nurses Health juga, dikatakan perempuan yang meminum setidaknya satu minuman berpemanis dua kali lebih mungkin untuk mengidap diabetes tipe 2 jika dibandingkan dengan mereka yang jarang mengonsumsi minuman ini.

3. Lebih berisiko penyakit jantung
Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan pada 2007 dalam jurnal Circulation dari American Heart Association, orang yang minum soda setiap hari selama empat tahun memiliki risiko 25 persen lebih besar mengalami peningkatan kadar gula darah dan 32 persen lebih mungkin mendapatkan kolesterol baik, Studi Nurses Health juga menemukan bahwa perempuan yang minum lebih dari dua minuman manis per harinya memiliki risiko 40 persen lebih tinggi mengalami serangan jantung atau kematian akibat penyakit jantung jika dibandingkan dengan perempuan yang jarang minum minuman manis.

4. Cenderung tidak sehat
Dalam beberapa penelitian, termasuk studi yang dipublikasikan dalam Circulation 2007, menunjukkan bahwa soda diet memiliki beberapa efek yang sama pada kesehatan seperti minuman soda biasa, walaupun memiliki tidak atau mengandung sangat sedikit gula. Mengapa? Karena, minum soda biasanya merupakan bagian dari gaya hidup keseluruhan yang tidak sehat.

5. Menurunkan Jumlah Sperma
Berdasarkan sebuah penelitian di Denmark, pria yang mengonsumsi minuman bersoda secara berlebihan bisa menurunkan jumlah produksi dan kualitas sperma. Hasil penelitian itu menemukan, jumlah sperma pria yang rutin minum minuman bersoda hampir 30 persen lebih rendah dibandingkan yang tidak.

0 komentar:

Poskan Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Enterprise Project Management