Kamis, 23 Juni 2011

Penyakit Parasitik Tumbuhan

Penyebab Parasitik Penyakit Tumbuhan :

1. Jamur

Adalah golongan organisme kecil, umumnya mikroskopis, yang tubuhnya vegetatif (struktur somatisnya) berupa talus, tidak mempunyai klorofil, tidak mempunyai berkas pengangkutan, mempunyai dinding sel yang mengangung khitin, selulosa atau kedua-duanya.

Struktur somatisnya biasanya berbentuk benang halus yang bercabang-cabang, mempunyai dinding yang tersusun dari khitin,, selulosa atau keduanya, dan mempunyai inti sejati (eukaryotic) yang biasanya dapat dilihat dengan mikroskop cahaya dengan mudah.

Umumnya tidak bergerak, tetapi beberapa anggota dari Phycomycetes yang rendah mempunyai sel yang dapat bergerak dengan pertolongan bulu cambuk (flagellum) dan tidak berdinding.

2. Bakteri

Sifat utama dari bakteri adalah

· Tubuhnya terdiri atas satu sel

· Berkembang biak dengan membelah diri, dalam 20 sampai 30 menit satu sel dapat menjadi dua

· Bentuk bulat (kokkus) ukuran 0,15 – 1 mikron, batang, bentuk spiral dan bentuk koma

· Ukurannya micron (hanya dapat dilihat dengan mikroskop)

Penyakit bakteri baru dikenal pada tahun 1878 – 1883 oleh Burrill. Yang pertama sekali menemukan bakteri di bawah mikroskop adalah Antony van Leewenhoek pada tahun 1683. beberapa ordo yang menjadi penyebab penyakit yaitu Eubacteriales dan Actinomycetales.

3. Virus

Arti kata virus telah berubah sejak kata tersebut digunakan sebagai agensia yang menyebabkan penyakit. Pada zaman romawi, virus berarti racun. Pada abad ke 19, virus diartikan sebagai the poisonous element by which infection is communicated atau secara sederhana diartikan sebagai mikropatogen.

Definisi virus yang lebih lengkap diajukan oleh Matthews (1992) yaitu virus adalah satu set dari satu atau lebih molekul genom berupa molekul RNA atau DNA, biasanya dibungkus oleh selubung pengaman berupa protein selubung (coat protein) atau lipoprotein dan hanya dapat memperbanyak diri dalam sel inang yang sesuai, dengan memanfaatkan metabolisme, materi, dan energi dari sel inang.

Gejala yang disebabkan virus biasanya seperti kerdil, mosaic, daun menggulung, khlorosis, keriting, pecah vertical dan ringspot.

4. Nematoda

Termasuk kingdom animalia. Nematoda adalah organis,e yang berbentuk seperti benang atau cacing kecil yang tidak bersegmen. Tidak semua anggota nematode parasit pada tumbuhan. Umumnya nematode yang parasit pada tumbuhan berukuran kecil. Antara 300 – 1000 m, tetapi ada juga yang berukuran kecil sukar dilihat dengan mata telanjang sehingga harus dilihat dengan mikroskop.

Umumnya nematoda pathogen tumbuhan bersifat parasit obligat dan mempunyai stilet. Nematode makan dengan cara menusukkan stilet pada sel tanaman, lalu mengisap cairan sel tanaman melalui stilet.

Pada Rotylenchus reniformasi, stilet tidak ditusukkan secara penuh karena dapat membentuk semacam kapak untuk makan (feeding peg).

0 komentar:

Poskan Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Enterprise Project Management